Perseroan senantiasa berupaya memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkompetensi guna mendukung terwujudnya pertumbuhan yang berkesinambungan
(continuity growth).

Perseroan memandang sumber daya manusia sebagai kunci dari kinerja unggul sekaligus aset penting bagi keberlanjutan usaha. Untuk mendukung kedua hal tersebut, Perseroan senantiasa berupaya memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkompetensi guna mendukung terwujudnya pertumbuhan yang berkesinambungan (continuity growth) tersebut melalui sistem rekrutmen karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan jangka panjang.

Selain itu, Perseroan juga menegakkan komitmen kuat untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas sumber daya manusia secara terencana dan berkelanjutan. Komitmen ini antara lain direalisasikan melalui penyusunan struktur gaji karyawan yang sesuai dengan kemampuan, latar belakang pendidikan, masa kerja, dan jumlah minimal yang disesuaikan dengan ketentuan Upah Minimum Provinsi (UMP) setempat.

KOMPOSISI KARYAWAN
Jumlah karyawan Perseroan pada akhir tahun 2016 dibagi berdasarkan berbagai kategori, jumlahnya menurun jika dibandingkan tahun 2015. Adapun detail komposisi karyawan Perseroan dapat dilihat pada tabel-tabel berikut.




REKRUTMEN KARYAWAN
Kebutuhan dan tantangan Perseroan yang semakin besar telah memberikan kebutuhan akan ketersediaan sumber daya manusia yang cerdas, dinamis dan berintegritas juga semakin meningkat. Pemenuhan kebutuhan sumber daya ini dilakukan Perseroan melalui pola rekrutmen yang tepat dengan tetap memperhatikan kualitas dan kompetensi dasar yang dimiliki dari setiap kandidat.

Proses perekrutan, seleksi dan upaya mempertahankan karyawan merupakan siklus dalam pertumbuhan Perseroan dan menjadi salah satu kunci keberhasilan dari kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, Perseroan menilai bahwa proses rekrutmen dan seleksi menjadi salah satu proses terpenting dalam aktivitas operasional dan telah menerapkan anggaran yang disiapkan secara khusus untuk melakukan proses rekrutmen.

Rekrutmen dan seleksi merupakan proses memilih dan menentukan pelamar yang memenuhi persyaratan dan kriteria untuk diangkat menjadi karyawan Perseroan melalui serangkaian ujian/tes, psikotest dan wawancara. Setiap proses rekrutmen dilakukan secara objektif, terbuka, adil dan setara tanpa diskriminasi untuk mendapatkan kandidat terbaik yang potensial dan akan mengisi setiap fungsi dan jabatan.

Mekanisme perekrutan yang dilakukan Perseroan dilakukan melalui 2 (dua) sistem, yaitu rekrutmen karyawan tidak tetap/ outsourcing dan rekrutmen karyawan tetap. Perseroan telah menetapkan syarat kelulusan minimal dalam proses seleksi dan penerimaan karyawan dengan passing grade tertentu.

PERSAMAAN KESEMPATAN
Dalam rangka menciptakan dan menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan karyawan, Perseroan senantiasa memperhatikan pemenuhan terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang yang bertujuan untuk menyelaraskan kepentingan karyawan dan kepentingan. Perseroan berusaha agar dapat memberikan perlindungan atas hak asasi karyawan untuk merasa nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan yang dihadapi.

Di sisi lain, Perseroan juga senantiasa memberikan kebebasan bagi setiap karyawan untuk memiliki hak yang sama dalam berkompetisi melalui pengembangan diri secara sehat. Hal ini sebagai wujud komitmen Perseroan dalam memberikan kesempatan dan kesamaan hak kepada seluruh karyawan, tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, gender, dan kondisi, sejak proses rekrutmen, pengembangan kompetensi dan keahlian, serta penetapan jenjang karir dan remunerasi. Dengan demikian, kesamaan kesempatan kerja yang terbangun di antara karyawan tersebut akan turut memberikan kontribusi positif pada pergerakan dinamisme perusahaan yang sehat.

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN
Demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Perseroan berkomitmen untuk memberikan pelatihan dan pengembangan di seluruh aspek operasional perusahaan secara terencana dan berkelanjutan. Upaya peningkatan kompetensi ini diselenggarakan dengan menjunjung tinggi prinsip persamaan kesempatan kepada seluruh keryawan Perseroan. Di tahun 2016, Perseroan fokus untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan yang terkoordinasi, terarah dan terukur.

Sepanjang tahun 2016, Perseroan telah menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan baik dari internal maupun eksternal dengan realisasi biaya pelatihan dan diklat. Berikut di bawah ini adalah uraian lengkapnya.