Fasilitas Terminal Petikemas IPCTPK Pontianak

Kota Pontianak Merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Kota Ini Memiliki Julukan Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh Garis Khatulistiwa. Di Wilayah Siantan, Utara Kota Pontianak, Terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun di Tempat yang dilewati Garis Khatulistiwa. Pada Saat Terjadi Titik Kulminasi Matahari (Fenomena Alam Ketika Matahari Tepat di Garis Khatulistiwa), sesuatu yang menakjubkan akan terjadi Di Tugu Khatulistiwa dan Benda- Benda yang ada di sekitar Tugu, yaitu Menghilangnya semua Bayangan- Bayangan yang ada di sekitar Tugu Khatulistiwa selama beberapa detik.

Selain itu, Kota Pontianak Juga dilalui oleh dua Sungai Besar, Yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak juga diabadikan Pada Lambang Kota Pontianak. Kota Pontianak memiliki Luas Wilayah Sebesar 107,82 KM² dengan Jumlah Populasi pada Tahun 2017 Sebesar 655,857 Jiwa. Ada Banyak Suku Bangsa yang mendiami Kota Pontianak, seperti Tionghoa, Melayu, Bugis, Jawa, Madura, Dayak, dll. serta terdapat beberapa Agama yang dianut Masyarakat di wilayah Kota Pontianak, seperti Agama Islam, Buddha, Kristen Protestan, Katolik, Konghucu, Hindu.

Berdasarkan Data BPS Kota Pontianak, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Pontianak Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha pada Tahun 2015 sebesar 27.593.291.270.000. Sektor Industri utama yang paling Mendukung PDRB di Kota Pontianak adalah Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Konstruksi, dan Industri Pengolahan.

Pelabuhan Pontianak dengan Luas Lahan sebesar 202.422 m² terletak di Jl.Pakasih No.11 tepi sungai Kapuas, telah menjadi urat nadi perekonomian dan menghubungkan area seluas 146,8 ribu km2 di Wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Wilayah yang luasnya sebanding dengan pulau Jawa ditambah pulau Madura ini antara lain meliputi Pontianak, Sintete, Sambas, Sintang, Sanggau, Kapuas, Hulu, Telok Air, Ketapang dan Singkawang.

Terdapat 2 kawasan pelabuhan yang ada dibawah naungan PT. (Persero) Pelindo II, cab. Pontianak yakni : Pelabuhan Sintete dan Pelabuhan Ketapang. Hinterlan Pelabuhan ini lebih didominasi oleh perkebunan, kehutanan, sektor pertambangan, dan industri pengolahan bahan mentah. Untuk menunjang peningkatan kegiatan perekonomian masyarakat diwilayah ini, Pelindo II telah mengoperasikan Terminal Petikemas untuk pelabuhan Pontianak yang dilengkapi dengan berbagai peralatan modern, seperti dua container crane sehingga mampu memberikan Pelayanan yang optimal terhadap kegiatan bongkar muat diwilayah tersebut.

Area pontianak
Jl. Pakkasih no. 11 pontianak (kalimantan barat)
Kp. 78113

Referensi:

  1. Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak)
  2. BPS Kota Pontianak (https://pontianakkota.bps.go.id/)
  3. Pelabuhan Indonesia (http://www.indonesiaport.co.id/read/pontianak.html )