IPC juga mengembangkan kegiatan usaha lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaab dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya, yang meliputi jasa angkutan, jasa persewaan perbaikan fasilitas dan peralatan, jasa perawatan kapal dan peralatan di bidang kepelabuhanan, serta jasa pelayanan alih muat dari kapal ke kapal ( ship to ship transfer ).

Jasa ikutan lainnya adalah property di luar kegiatan utama kepelabuhanan yaitu industry, fasilitas pariwisata dan perhotelan, jasa konsultasi dan surveyor kepelabuhanan, jasa komunikasi dan informasi, jasa konstruksi kepalabuhanan, jasa forwarding/ekspedisi, jasa kesehatan, perbekalan dan catering, tempat tunggu kendaraan bermotor dan shuttle bus, jasa penyelaman (salvage), jasa fally. Jasa poa pelabuhan serta jasa timbangan.

Selain aktif menjalankan kegiatan pengelolaan pelabuhan, IPC juga berusaha di bidang lain yang relevan seperti menyewakan tanah, bangunan, dan fasilitas pendukung lain yang diperlukan dala kegiatan kepelabuhanan. Dalam menjalankan kegiatan operasi dan pengusahaan pelabuhan, Perseroan mengadakan Kerja Sama Mitra Usaha (KSMU) dengan beberapa mitra usaha dari pihak swasta seperti kerja sama terminal operator, kapal tunda, dan pengelolaan fasilitas pelabuhan lainnya.

A. Jasa Persewaan Alat – Alat Pelabuhan
Penyewaan alat ini bertujuan untuk menunjang kegiatan bongkar muat agar memenuhi sasaran, yaitu : cepat dan tepat waktu, efisien dan tidak menimbulkan ekonomi biaya tinggi.
Fitur :

  1. Forklift
  2. Kran (Darat, apung dan listrik)
  3. Kapal Tunda
  4. Motor boat
  5. Alat pemadam kebakaran

B. Penyediaan Air Bersih dan Telepon Umum
Pelayanan air bersih yang bersumber dari perusahaan air minum, pelabuhan dan perusahaan swasta dan pelayanan telepon umum sebagai alat komunikasi untuk memperlancar kegiatan yang ada di pelabuhan.

C. Penyediaan Listrik
Penyediaan listrik di pelabuhan sebagai alat untuk menunjang industry yang melalui :

  1. Sambungan tetap
  2. Sambungan sementara

D. Pelayanan Jasa Lainnya

  1. Persewaan tanah, perairan dan bangunan
  2. Pas Pelabuhan
  3. Imbalan jasa alat – alat bongkar muat