Fasilitas Terminal Petikemas IPCTPK Panjang

Kota Bandar Lampung Merupakan Kota Terbesar yang ada di Provinsi Lampung, dan Juga Merupakan Ibukota Provinsi Lampung. Luas Wilayah kota Bandar Lampung adalah 169,21 km², serta memiliki 20 kecamatan dan 126 kelurahan dengan jumlah penduduk pada tahun 2015 sebesar 1.166.761 jiwa, dan memiliki kepadatan penduduk sebesar 8.316 jiwa/km² dan diperkirakan pada tahun 2030 akan memiliki jumlah penduduk sekitar 2,4 Juta Jiwa. Berdasarkan Jumlah Penduduknya Kota Bandar Lampung Menjadi Kota Terbesar dan Terpadat Ketiga di Pulau Sumatera Setelah Kota Medan dan Kota Palembang, dan merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan Kota Terpadat di Luar Wilayah Pulau Jawa.

Kota Bandar Lampung merupakan Pintu Gerbang utama Pulau Sumatera, Kurang lebih 165 Km sebelah barat laut Jakarta, dan menjadi wilayah penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa Menuju Sumatera maupun sebaliknya. Saat ini kota Bandar Lampung menjadi pusat jasa, perdagangan, serta perekonomian di provinsi Lampung.

Terdapat Banyak Suku Bangsa yang mendiami Kota Bandar Lampung, Seperti Suku Bangsa Lampung, Palembang, Jawa, Sunda, Bali, Minangkabau, Batak, Tionghoa, dll. Bahasa Sehari- hari yang digunakan Masyarakat Kota Bandar Lampung dalam Berkomunikasi adalah Bahasa Indonesia, Lampung, dan Jawa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandar Lampung Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha pada Tahun 2016 Rp. 44.741.904.300.000. sektor Ekonomi yang memberi kontribusi paling besar Untuk PDRB Kota Bandar Lampung adalah Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Transportasi dan Pergudangan.

Di Kota Bandar Lampung terdapat Pelabuhan yang bernama Pelabuhan Panjang yang terletak di Jalan Yos Sudarso No. 337 Panjang Bandar Lampung. Pelabuhan Panjang telah menjadi pelabuhan besar di Pulau Sumatra dan berperan vital sebagai Pendukung Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung. Terletak di Titik Persilangan Antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, Pelabuhan Panjang Telah menjadi Pelabuhan yang sangat menjanjikan dimasa yang akan datang. Luas Areal Pelabuhan Panjang Masih dapat dikembangkan lagi untuk Membangun Terminal sehingga dapat meningkatkan Pelayanan untuk Pemenuhan Kebutuhan Pengguna Jasa Pelabuhan Panjang. Selain itu, di wilayah Provinsi Lampung juga Memiliki Sumber Daya Alam Pertanian dan Perkebunan yang membentang luas dan subur sehingga dapat Menunjang Kegiatan Agrobisnis. Lokasi Pelabuhan Panjang yang memiliki jalan akses langsung dengan Hinterlandnya sehingga memudahkan proses transportasi dan distribusi komoditinya, baik hasil pertambangan maupun argobisnis untuk proses ekspor, impor maupun domestik

Pelabuhan Panjang melayani kapal dengan berbagai jenis barang, seperti barang umum, barang dalam kantung, curah cair, curah kering dan petikemas. Arus petikemas terus tumbuh setiap tahunnya seiring pertumbuhan kegiatan industri, pertambangan, dan perkebunan di wilayah Lampung. Dengan tersedianya peralatan penunjang seperti 3 container crane, 5 transtainer, dan top loader dan didukung terminal khusus curah, Pelabuhan Panjang siap memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna jasa Pelabuhan Panjang.

Area Panjang
Jl. Yos Sudarso no 337
Panjang Bandarlampung 35241
Lampung

Referensi:

  1. Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandar_Lampung)
  2. BPS Kota Bandar Lampung (https://bandarlampungkota.bps.go.id)
  3. Website Pelabuhan Indonesia (http://www.indonesiaport.co.id/read/panjang.html)