Fasilitas Terminal Petikemas IPCTPK Palembang

Kota Palembang Merupakan ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Palembang Merupakan Salah Satu Kota Terbesar di Sumatera. Luas Wilayah kota Palembang sebesar 358,55 Km² yang dihuni sekitar 1,8 Juta Penduduk. Diprediksikan Kota Palembang akan dihuni oleh 2,5 Juta Orang, pada Tahun 2030 Mendatang. Ada banyak Rencana Pembangunan Infrastruktur di Kota Palembang, Seperti Pembangunan LRT (Light Rail Transit), Rencana Pembangunan Sirkuit Moto GP di Kawasan Jakabaring dan Sirkuit F1 di Kawasan Tanjung Api-Api.

Kota Palembang Merupakan Kota Tertua di Indonesia, yang ditafsirkan dari Prasasti Kedukan Bukit bahwa Hari Jadi Kota Palembang adalah Pada Tanggal 16 Juni 688 Masehi. Dalam Catatan Sejarahnya, Kota Palembang Pernah Menjadi Ibu Kota Kerajaan Bahari Buddha Terbesar di Asia Tenggara, Kerajaan Sriwijaya, yang pada Abad Ke-9 memiliki Kekuasaan dari Wilayah Nusantara Hingga Semenajung Malaya, Sehingga Kota Palembang Memiliki Julukan Bumi Sriwijaya. Selain itu, Di dunia Barat, Kota Palembang Juga Memiliki Julukan Venice of the East (“Venesia dari Timur”).

Penduduk Kota Palembang, Merupakan Etnis Melayu dan dalam Kehidupan Sehari-hari Menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Palembang yang merupakan Bahasa Melayu yang disesuaikan dengan dialek setempat. Tetapi banyak juga pendatang yang menggunakan daerahnya sebagai bahasa sehari-hari seperti Bahasa Komering, Rawas, Musi, Pasemah, dan Semendo. Selain penduduk Asli, Terdapat Juga Warga Pendatang dan Warga Keturunan, Seperti dari Jawa, Minangkabau, Madura, Bugis dan Banjar. Kebanyakan warga Keturunan yang tinggal di Kota Palembang berasal dari Tionghoa, Arab, dan India. Di Kota Palembang juga terdapat Beberapa Wilayah yang menjadi ciri khas dari sebuah Komunitas, seperti Kampung Kapitan, Kampung Al Munawwar, Kampung Assegaf, Kampung Al Habsyi, Kuto Batu, 19 ilir, Kampung Jamalullail dan Kampung Alawiyyin Sungai Bayas 10 Ilir

Berdasarkan Data BPS Kota Palembang, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha di Kota Palembang Pada Tahun 2016 adalah sebesar Rp. 118.769.860.000.000. Jika dilihat dari Besarnya Kontribusi masing-masing sektor ekonomi dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Sektor Ekonomi yang paling Berkontribusi di Kota Palembang adalah pada sektor ekonomi Industri Pengolahan, Konstruksi, Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor.

Pelabuhan Petikemas yang ada di Palembang yaitu PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang, Terletak di Jalan Jl. Mayor memet sastrawirya no. 2, Boom Baru. Pelabuhan Terminal Petikemas Cabang Pelabuhan Palembang bergerak di bidang penyediaan fasilitas terminal petikemas untuk perdagangan baik domestik maupun internasional bagi para pelaku usaha di wilayah Sumatera bagian Selatan. Saat ini terminal Petikemas Cabang Pelabuhan Palembang telah mengantongi ISO 9001 (standar mutu), ISO 14001 (standar lingkungan) dan ISPS Code (standar keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan).

Adapun pelayanan yang diberikan di Pelabuhan Petikemas Palembang adalah:

  1. Pembongkaran Petikemas
  2. Pemuatan Petikemas
  3. Penerimaan Petikemas
  4. Pengeluaran Petikemas

Terminal Petikemas Cabang Pelabuhan Palembang Telah berfungsi sebagai pintu gerbang perekonomian Sumatera bagian Selatan sehingga secara aktif berperan dalam pendistribusian komoditi unggulan sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah Sumatera Bagian Selatan.

Area Palembang,
Jl. Mayor memet sastrawirya no. 2
Boom Baru 30115
Palembang

Referensi:

  1. Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Palembang)
  2. BPS Kota Palembang (https://palembangkota.bps.go.id)
  3. Pelabuhan Palembang (http://palembangport.co.id)