Fasilitas Terminal Petikemas IPCTPK Jambi

Kota Jambi Merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jambi. Kota Jambi Terbelah oleh Sungai Batanghari, Wilayah yang terbelah tersebut dihubungkan oleh Sebuah Jembatan yang Bernama Aur Duri. Kota Jambi Memilik Luas Sekitar 205,38 Km² dan Pada Tahun 2015 Kota Jambi Memiliki Jumlah Populasi Sebesar 750.857 Jiwa.

Kota Jambi Memiliki Lambang berbentuk Perisai dengan Bagian Meruncing di Bawah dikelilingi Tiga Garis dengan Warna Bagian Luar Putih, Tengah berwarna Hijau, dan Bagian Luar Berwarna Putih. Kota Jambi Memiliki Semboyan Tanah Pilih Pesako Betuah, yang secara Filosofi Bermakna Bahwa Kota Jambi sebagai Pusat Pemerintahan Kota Sekaligus Sebagai Pusat Sosial, Ekonomi, Kebudayaan, dan Mencerminkan Jiwa Masyarakat sebagai Duta Kesatuan Baik Secara Individu, Keluarga dan Kelompok Maupun Institusional yang lebih luas, serta Berpegang Teguh dan Terikat dengan Nilai-nilai adat Istiadat dan Hukum Adat dan juga pada Peraturan Perundang- Undangan yang Berlaku.

Ada Banyak Suku Bangsa yang Mendiami Kota Jambi, seperti Melayu, Jawa, Minangkabau, Batak, Tionghoa-Indonesia, Suku Sunda, Suku Bugis, Aceh, Banjar, dll. Serta Terdapat beberapa Bahasa yang digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari Masyarakatnya seperti Bahasa Indonesia, Melayu, dan Minangkabau.

Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jambi adalah :

  • Hasil pajak daerah
  • Hasil retribusi daerah
  • Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan
  • Lain – lain pendapatan asli daerah yang sah

Pendapatan Asli Daerah Kota Jambi tahun 2015 mencapai Rp. 264.058.916.732,17 dan memberikan kontribusi sebesar 16.89% terhadap pendapatan kota Jambi pada tahun 2015. Dibandingkan dengan jumlah Pendapatan Asli Daerah di tahun 2014 sebesar Rp. 246.427.699.826,28 maka Pendapatan Asli Daerah Kota Jambi pada tahun 2015 mengalami Peningkatan sebesar Rp. 17.631.216.905,89 atau dalam persen sebesar 7,15 %.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jambi terus Mengalami Kecendrungan  meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jambi, disebabkan Pemerintah mengali setiap potensi yang ada, Seperti Intesifikasi Pajak atau Retribusi daerah, Ekstensifikasi Pajak atau Retribusi daerah, Serta Pengelolaan Perkembangan Realisasi Pendapatan (PAD) Kota Jambi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Jambi di Tahun 2014, jika dilihat Berdasarkan Lapangan Usaha, Di dominasi Lapangan Usaha yang berkaitan dengan Aktivitas Perkotaan, seperti Penyediaan Akomodasi Makan dan Minum (16,24 %), Jasa Kesehatan Kegiatan Sosial (12,96 %), Pengadaan Listrik dan Gas (9,61 %), Transportasi dan Pergudangan Besar dan Eceran Reparasi Mobil dan Sepeda Motor (8,76 %).

Di Kota Jambi terdapat PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Jambi, atau yang biasa disebut Pelabuhan Jambi, yang terletak di Jl.Pelabuhan Talang Duku, Jambi. Hinterland Pelabuhan Jambi menghasilkan berbagai Komoditi, seperti karet, kayu lapis, dan moulding, yang merupakan komoditi ekspor ke Berbagai Negara Seperti, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Korea.

Untuk Memudahkan Proses Bongkar Muat saat terjadi beda permukaan air di Saat musim hujan dan kemarau yang dapat mencapai 8 m, di Pelabuhan Jambi dilengkapi dengan Dermaga Apung. Terdapat Juga Pelabuhan lain dalam lingkungan Pelabuhan Jambi seperti pelabuhan Kuala Tungkal yang berada di muara sungai Pengabuan dan pelabuhan Muara sabak.

Area Jambi
Jl. Raya Pelabuhan KM 09                                                                                        Talang Duku Jambi 36251

Referensi:

  1. Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Jambi)
  2. Website Pemerintah Kota Jambi (http://jambikota.go.id/new/perekonomian/)
  3. Pelabuhan Jambi (http://www.indonesiaport.co.id/read/jambi.html)