TATA KELOLA PERUSAHAAN
Corporate Governance

PT IPC Terminal Petikemas memandang perlu adanya sebuah Peta Jalan/Roadmap GCG sebagai panduan untuk mencapai tujuan perusahaan di bidang GCG yaitu, pengelolaan perusahaan secara Governance yang dapat  meningkatkan  daya  saing  dan  kredibilitas Perusahaan.  Oleh  karena  itu,  Perusahaan  telah menyusun  Roadmap  GCG  di  tahun  2017  yang disahkan  oleh  Direksi  PT  IPC  Terminal  Petikemas dengan Surat Keputusan Direksi PT IPC Terminal Petikemas Nomor: HK.566/4/9/1/IPCTPK-17 tanggal  4  September  2017  tentang  Penetapan Roadmap   GCG   2017-2020   PT   IPC   Terminal Petikemas.

Download Pedoman Pengelolaan GCG PT IPC Terminal Petikemas

Penyusunan Roadmap IPC TPK berdasarkan tahapan rencana perbaikan tata kelola dalam kurun waktu 4 (empat) tahun, dimulai dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020, dimana setiap tahun memiliki tema dan target pencapaian yang menjadi sasaran Perusahaan dalam mengimplementasikan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Penjelasan dari Roadmap GCG PT IPC TPK Tahun 2017-2020

  • INTEGRATED (2017)

Pada Tahun 2017, diharapkan Pelaksanaan GCG telah menjadi budaya Organisasi di entitas sehingga mampu mendukung peningkatan kinerja Perusahaan.

Action Plan Roadmap di Tahun 2017 :

  1. Penerapan profesionalisme
  2. Penerapan kedisiplinan
  3. Penetapan Indikator Utama GCG (KPI)
  4. Sosialisasi GCG
  5. Pengembangan sistem GCG
  6. Evaluasi GCG
  • TRUSTED (2018)

Pada Tahun 2018, PT IPC TPK memiliki GCG yang unggul, serta Mendapatkan Kepercayaan dari Pemangku Kepentingan sebagai dasar membangun kredibilitas dan reputasi.

Action Plan Roadmap di Tahun 2018 :

  1. Penyempurnaan Sistem Pelaporan Gratifikasi, dan Sosialisasi -WBS
  2. Penyempurnaan Sistem Pelanggan dan Vendor
  3. Penyempurnaan Sistem Pengawasan atas Komitmen
  4. Sertifikasi dan Pengakuan Pelaksanaan GCG
  • SUSTAINABLE (2019)

Pada Tahun 2019, PT IPC TPK Secara berkesinambungan mampu tampil sebagai Perusahaan terkemuka dengan terus Membangun budaya GCG dalam setiap rantai bisnisnya.

Action Plan Roadmap di Tahun 2019 :

  1. Adaptasi terhadap perubahan
  2. Komitmen membangun semangat kebangsaan (Nasionalisme)
  3. Mencetak para pemimpin yang tangguh (Leadership)
  4. Integrasi pelaporan untukStakeholders
  5. Sustainbility CSR
  6. Pencapaian kinerja Perusahaan melampaui Shareholder Aspiration & indikator kinerja
  7. Responsibility per unit kerja dalam Penilaian GCG
  8. Sistem Tata Kelola Berbasis Risiko
  9. Manajemen Risiko berbasis IT
  10. Konsistensi Penerapan GCG dalam mencapai pertumbuhan usaha yang berkelanjutan
  • CITIZENSHIP (2020)

Pada Tahun 2020, PT IPC TPK mampu menjadi Perusahaan berkelas dunia dan Menjadi Rujukan Penerapan GCG bagi Perusahaan lain di tingkat nasional dan internasional.

Secara bertahap, penerapan GCG di lingkup Perusahaan diharapkan dapat mencapai tingkatan “Citizenship” di tahun 2020, dimana prinsip GCG akan melekat dan melebur di setiap pribadi insan IPC TPK dan sudah mampu menerapkan perilaku yang standar bagi seluruh pihak yang berkepentingan dan terlibat dalam operasi bisnis Perusahaan.

Action Plan Roadmap di Tahun 2020 :

  1. Strategi perusahan yang bertanggung jawab sosial secara efektif
  2. Berkontribusi dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan kepada Pemerintah
  3. Menyesuaikan semua sistem dan prosedur yang sesuai
  4. Mendapatkan penghargaan ARA
  5. Mendapatkan penghargan dari lembaga atau Intansi nasional atau internasional yang menilai

Untuk memonitor tingkat pencapaian target tahunan dalam Roadmap, maka Perusahaan harus terus melakukan evaluasi atau penilaian, di mana hasil dari penilaian tersebut harus dapat naik secara berkesinambungan dan menjadi indikator keberhasilan penerapan Good Corporate Governance di Perusahaan.

Penilaian Good Corporate Governance di PT IPC Terminal Petikemas mengacu kepada Keputusan Menteri BUMN 01/MBU/2011 Tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, menyesuaikan dengan pola penilaian pada Perusahaan Induk, yaitu PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang berstatus BUMN dengan metode Assessment menggunakan acuan Salinan Keputusan Sekretaris Menteri Negara BUMN No. SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG) pada BUMN.

Pada tingkatan “Citizenship” di tahun 2020, penerapan GCG di IPC TPK diharapkan akan semakin membaik melalui peningkatan berbagai aspek dalam organ dan implementasi GCG Perusahaan.